Breaking News

Minggu, 07 Januari 2018

Cara Membuat Paper Cutting Wajah

Hi VP Readers!
Seni kerajinan tangan memang sangat bervariasi. Anda bisa memanfaatkan barang apa saja di lingkungan sekitar untuk dijadikan suatu karya. Tak terkecuali dengan seni paper cutting wajah.
Seni paper cutting adalah seni memotong kertas untuk dijadikan berbagai macam bentuk. Tahukah Anda bahwa seni paper cutting ini asalnya dari Tiongkok? Ya, seni paper cutting ini mulai ada sejak abad ke 6. Kemudian semakin populer menjelang festival-festival Tiongkok. Dulu, para gadis harus bisa menguasai teknik paper cutting. Bahkan calon pengantin wanita dinilai atas kemampuannya dalam menguasai seni paper cutting ini.

Ada banyak bentuk yang bisa dihasilkan dari seni paper cutting ini. Paper cutting wajah adalah salah satu bentuk yang populer. Untuk itulah mari kita belajar cara membuat cutting wajah berikut ini:

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan
  1. Komputer/Laptop/PC (untuk mendesain)
  2. Kertas (karton setebal 210-330 gsm)
  3. Printer
  4. Cutter
  5. Alas Potong (ukurannya harus lebih besar dari kertas yang akan dipotong)

Cara Membuat Paper Cutting Wajah
  1. Buatlah desain atau gambar wajah yang ingin Anda buat menggunakan software di komputer. Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator, juga Corel Draw atau Freehand.
  2. Setelah desain atau gambar wajah dirasa sudah pas, Anda cetak menggunakan printer yang sudah Anda persiapkan tadi. Cetak dengan tinta hitam putih/abu-abu saja agar nantinya dapat menjadi panduan Anda memotong.
  3. Kemudian, Anda tinggal potong saja menggunakan cutter, kertas yang sudah tercetak tadi. Jangan lupa untuk menggunakan alas potong. Anda juga bisa memotong beralas lantai tetapi cutter akan cepat tumpul dengan cara seperti itu.
  4. Saat memotong, jangan lupa mengikuti pola-pola yang ada disana.
  5. Selesai. Anda bisa memasukkan hasil paper cutting wajah tadi ke dalam bingkai agar rapi dan menarik.

Nah cara membuat paper cutting wajah ini cukup sederhana bukan? Tak hanya dapat dijadikan kerajinan atau kado yang unik, kini paper cutting juga dijadikan bisnis yang menguntungkan.  Selamat mencoba VP Readers, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar